Data dan Informasi… Emang beda ya?

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berhubungan dengan data. Data tidak hanya kumpulan angka yang dicatat dari sebuah peristiwa atau kejadian kedalam bentuk tabel atau diagram. Bentuk paling sederhana dari data dapat berupa huruf, angka maupun simbol yang memiliki yang masih tidak terorganisir dan mentah. Data mewakili sebuah keadaan, ide atau obyek dan sifatnya tidak terbatas dan ada diseluruh alam semesta.

(http://www.businessdictionary.com/definition/data.html)

Data seringkali disalah artikan dengan informasi. Oleh karena itu mari kita perjelas apa perbedaan data dan informasi melalui ilustrasi berikut ini.

Image

Sumber: http://www.infogineering.net/data-information-knowledge.htm

Dari situs ini saya dapatkan ilustrasi yang cukup menarik. Analoginya seperti ini, jika saya memotret anda maka foto yang saya dapatkan adalah sebuah informasi, namun apa yang ada pada diri anda dan bagaimana rupa anda adalah data. Saya dapat mengirimkan foto anda kepada orang lain dan orang tersebut mendapatkan informasi tentang anda dari foto tersebut. Satu lagi hal yang membedakan data dan informasi yakni, data itu selalu benar (tidak mungkin saya berumur 29 dan 62 dalam waktu yang bersamaan kan?) namun informasi bisa saja salah, jika terdapat dua pencatatan yang salah satunya mencatat saya lahir tahun 1981 dan pencatatan yang lain pada tahun1948. Seperti halnya kegiatan memotret tadi, informasi hanya “memotret” data pada satu titik saja, jika datanya berubah maka informasi awal tadi menjadi tidak relevan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s