Tiga Tahap dan Enam Langkah Mengolah Data Kuantitatif Part 1: Framing Problem

Analisa data kuantitatif menjadi kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh banyak pekerjaan. Analisa data disini tidak hanya selalu berkaitan dengan berbagai macam analisa statistik yang compicated dan sophisticated. Dengan menggunakan tools sederhana sekalipun kita dapat menarik banyak informasi dari data yang kita miliki. Berdasarkan pengalaman saya, sering sekali mahasiswa fresh grad lulusan statistik (termasuk saya sendiri..hehe) terjebak dalam pemikiran apa model yang harus saya buat? Biasanya disini sudah bicara ANOVA. Tidak salah memang, namun lompatan ini membuat pemahaman sang data analist menjadi dangkal.

Salah satu bacaan favorit saya adalah buku karangan Thomas H. Devenport dan Jinho Kim yang berjudul Keeping Up with the Quants. Di dalam buku ini dijelaskan enam langkah sakti yang bisa diikuti untuk mendapatkan informasi dengan optimal dari data yang anda miliki.

Tahap Pertama: Framing Problem (Pembatasan Masalah)

Sounds familiar? Yup, mirip salah satu judul waktu skripsi ya… :D. Believe it or not ini adalah langkah yang sangat penting dan sering kali terlewatkan oleh kita. Sering kali orang yang melakukan analisa bukanlah expert pada bidang tersebut, sehingga bisa dipastikan kita buta atau kalaupun paham hanya sebatas kulitnya saja. Sering kali karena tidak memahami masalahnya dengan benar, kita memandang masalahnya secara keseluruhan dan cenderung terlalu luas sehingga penyelesaian menjadi tidak fokus.

Langkah pertama: Problem recognition (Mengenal Masalah)

Kita melakukan langkah pengenalan masalah antara lain keingintahuan, pekerjaan, kebutuhan dalam pengambilan keputusan, isu yang sedang dihadapi butuh untuk dipahami, dan karena ilmu pengetahuan. Intinya sih karena kita tidak tahu data yang kita akan analisa nantinya tentang apa. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s