Langkah-Langkah Analisa Data Part 1 Setengah masalah selesai dengan pertanyaan

Tidak ada hari tanpa excel dan data. Ini mungkin gambaran yang paling tepat untuk menggambarkan pekerjaan yang saya lakukan. Walaupun untuk mengekstrak datanya sudah ada SAS or MySQL dan untuk visualisasinya sudah pake Tableau, kemudahan pengolahan data excel emang paling T.O.P.

Seingat saya, waktu jaman kuliah juga gak terlepas dengan menggunakan excel, bikin tabulasi data survey, sekedar deskriptif stat sih gak ada masalah. Baru beberapa tahun ini aja kenal beberapa trik keren yang excel punya.

Sekarang ini katanya sih era BIG DATA, buat yang punya tools yang keren dan ngerti dikit API, mungkin ngerti dengan istilah ini. Tapi saya sendiri sih masih jarang gunain data ini, masih data-data yang ‘kecil’ dan terstruktur. Makanya saya share hal-hal basic aja dalam hal pengolahan data, hal biasa yang bisa sangat membantu hidup anda.

Sebelum anda melakukan analisa apapun pada data anda, hal yang anda paling butuhkan adalah identifikasi masalah apa yang anda ingin jawab dengan data yang anda miliki? Tulislah setiap pertanyaan yang anda miliki di kertas kerja anda. Jika saya mengatakan tulislah, maka jangan sungkan mencoret-coret kertas anda untuk menulis pertanyaan. Satu filosofi yang saya pegang adalah “jika anda sudah bisa membuat pertanyaan yang jelas dan akurat, anda sudah mengerjakan setengah pekerjaan anda”

Pernahkah ditanya manakah yang “lebih baik” samsung atau apple? Berapa penjualan kita bulan lalu? atau manakah yang harus saya pilih, beli rumah atau apartemen?

Dapatkah anda membedakan mana pertanyaan yang baik, mana yang tidak?

Leave a Reply

