Kotak ajaib bernama SPSS

Mas datanya mau diolah pake analisa apa? Pake spss aja mas… #zzz buat anak kuliahan yang sedang mengolah data skripsi nya..  Software yang satu ini memang paling ngetop dan sakti banget. Tinggal klak klik dikit trus run aja udah keluar outputnya…  Canggih banget..  Terus langsung pake langkah sakti ambil alpha 5% atau tinggal liat aja bintang2 nya… Analisanya pokoknya ikut skripsi yang lama aja… 

Pola ini adalah pola yg paling sering saya lihat saat ada klien baru atau teman yg minta bantuan utk menganalisis datanya. Seakan2 sebuah software dapat menjadi kotak ajaib yang mengerti kemauan sang mahasiswa. Jebakan inilah yg nantinya akan membuat skripsi anda beranak pinak di dalam folder komputer anda.  Mungkin namanya agak beda2 tapi yg paling umum skripsi_print.doc skripsi_revisi.doc skripsi_printlagi.doc atau skripsi_print_cbdl_mdh2n_diterima.doc.. Hehe

Maksud saya,  lebih baik anda coba sedikit membaca tulisan tentang how to nya menggunakan software tertentu bukan cm SPSS,  baca help nya,  yg paling penting baca dan pelajari buku basic statistik nya. Klo mau cepat ya cari orang yg ngerti. Trust me,  dari pada dengerin dosen ngomel krn kita ngasal mending belajar dikit..  Palingan revisi sekali dah sidang. Salam lulus cepat! 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s