Skripsi Success Story 1: Survey Pelayanan Rumah Sakit 27 June 2016

istock_help

Ini adalah pengalaman awal saya mendampingi klien dalam pengolahan data untuk tugas akhir aka skripsi. Judul yang dia berikan ke saya adalah tentang survey kepuasan sebuah RS di Bogor. Untunglah saat itu survey belum dilaksanakan sehingga saya tidak bisa menyulap design survey saya menjadi cocok-cocokan dengan apa yang telah dia lakukan 😛 (untuk design survey ini bisa lihat tulisan saya di link Alat Penelitian (Research)-Non Probability Sampling Cont’d)

Metode yang saya gunakan adalah mendengar karena sejatinya statistician bukanlah orang yang tahu segalanya. Seperti halnya dokter yang melakukan diagnosa pasien.. Yeah more or less. Setelah melalui sesi konsultasi selama hampir setengah jam, saya mengajukan design survey yang mencakup metode survey, sample frame, perkiraan jumlah responden dan perkiraan analisisnya. Singkat cerita saya menjadi konsultan untuk project ini kira-kira satu buan sampai draft final siap maju untuk sidang skripsi :). We still  a good friends till now :).

Salah satu peran konsultan adalah memberikan gambaran lengkap dari sebuah riset/penelitian dari rencana riset, data yang akan dikumpulkan dan gambaran hasil yang akan didapatkan dari riset. Ingin tahu lebih banyak tentang pengolahan data untuk tugas akhir (skripsi, thesis dan disertasi)? Leave comment below 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s