Ability to see pattern in randomness

life_is_random

Dulu sekali, disalah satu stasiun televisi swasta menayangkan sebuah acara dimana beberapa orang ‘sakti’berkumpul untuk menangkap hantu. Kami yang saat itu masih anak-anak sangat menggandrungi acara ini, apalagi saat salah seorang dari pemburu tersebut membuat lukisan dengan mata tertutup, lalu muncullah gambar makhluk-makhluk aneh dengan ajaibnya.

Beda halnya dengan salah satu karakter novel kesukaan saya Sherlock Holmes, berkali-kali membaca dan menonton film dan serialnya selalu membuat saya berdecak kagum. Kemampuannya dalam memecahkan kasus-kasus kriminal membuat pembaca tenggelam dalam alur cerita yang dituliskan oleh Sir Arthur Conan Doyle.

Lalau apa hubungannya antara pemburu hantu dan Sherlock Holmes? Keduanya memiliki sebuah kesamaan yakni kemampuan melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh orang kebanyakan. Walau dalam kasus pemburu hantu saya juga masih ragu apa itu rekayasa atau bukan, tapi ya sudahlah anggap saja mereka bisa lihat.period. Kemampuan ini yang membuat mereka special dan berbeda dengan orang lain yang akhirnya membuat mereka terkenal dan dibayar mahal.

Menurut saya apa yang kita lakukan dalam menganalisa data adalah mencoba melihat pola-pola yang tidak terlihat dari sekumpulan data atau kejadian yang seakan-akan acak dan chaos. Dalam era social media ini, perusahaan selalu mencoba untuk lebih baik dari perusahaan lain dengan berbagai cara, salah satu nya adalah membuat produk yang berbeda dan lebih baik dari pesaingnya. Semakin banyak kita tahu tentang informasi lebih dari pesaing kita, maka semakin besar peluang kita menang.

Di zaman dimana semua aktifitas kita terekam lewat sebuah alat yang bernama smartphone ini, maka tidak ada lagi batasan antara kita dengan perusahaan penghasil produk. Tergantung apakah mereka mampu menemukan pola/pattern yang kita hasilkan. Dapatkah mereka memberikan sebuah penawaran/solusi/produk/jasa yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Pertanyaan untuk kita adalah apakah anda mampu melihat pola yang teratur dalam sebuah kejadian acak?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s