Fun Fact Factory

Sebagai seorang quant (orang yg bekerja denhan angka) kerjaan rutin saya adalah membuat sebuah analisa,  laporan,  dashboard  insight..  Dan teman sepermainannya. Intinya menghasilkan informasi bagi para pengambil keputusan aka decission maker. Well… Intinya mereka bertanya.. Terserah Kamilah bagaimanalah caranya menjawab, yang pasti adalah DEADline nya… Setelah tak terhitung request informasi yg masuk saya melihat beberapa pola yg muncul dr para bos ini. Mereka sangat suka data…  Tapiii tidak semua pertanyaan yg disampaikan berguna utk bisnis. Cuma pengen tahu saja kira2. Jadilah tim report ini menjadi pabrik permen informasi, enak dilidah tapi gak mengenyangkan. 

Dari sekian banyak informasi yang diminta (seringkali berulang)  selalu ada informasi2 yang cukup berharga… Informasi ini jika sampai ditangan yang tepat maka akan menjadi senjata ampuh untuk memajukan bisnis. Rekan2 programmer saya sih udah gak akan sempat mikirin yanag kayak gini, jadilah ex data analis yang jadi project manager ini menjadi pengumpul remah2 ini. Hal yg ditanyakan berulang dibuatkan otomasinya…  Kirim via email..  Schedule kan! Cara yang lain adalah bikinin dashboardnya…  Modal dikit belilah semacam tableau, datazen atau bikin sendiri pake goohle chart klo mau gratisan. Percaya deh…  Anda akan membuat atasan anda senyum2 sendiri dan anda masih ounya waktu buat sekedar baca2 buku yg mungkin udah dari setahun lalu gak tersentuh. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s