RFM modelling,  know your customer 

Untuk perusahaan manapun customer,  pelanggan atau nasabah adalah bagian terpenting dari perusahaan. Tidak perlu analisa tingkat tinggi untuk mengetahui bahwa customer yang loyal memberikan keuntungan yang paling tinggi. Lebih-lebih lagi customer yang loyal memberikan value atau nilai bagi perusahaan.

Bagaimana caranya membedakan customer yang loyal dan tidak?  Cara yang paling umum digunakan adalah dengan mengukur seberapa besar profit yang dihasilkan per customer nya. Jika anda punya data ini maka anda sudah memiliki cukup modal untuk analisa segmentasi. Menurut pengalaman saya, bagian yang paling susah adalah mendapatkan data yang sesuai keinginan dan sesuai dengan kebutuhan. Bagian analisa nya sendiri tinggal mengikuti tutorial di artikel. 

So,  back to the business. Jika hanya menggunakan komponen keuangan/ monetary maka value dr informasi yang kita dapatkan hanyalah terbatas pada uang yg dihasilkan. Kita kehilangan informasi mengenai apakah customer tsb melakukan transaksi sekali dalam jumlah besar atau berkali-kali namun dalam jumlah kecil. Nah disinilah kita membutuhkan berapa kali frekuensi transaksi dalam periode tertentu dilakukan. Satu hal lagi yang perlu kita tambahkan adalah mengenai kapan terakhir kali mereka bertransaksi untuk mengetahui apakah customer kita masih terus menggunakan produk atau layanan yang kita miliki. 

Analisa ini cukuplah mudah untuk dikerjakan dan juga cukup mudah untuk diterjemahkan sehingga unit terkait dapat segera mengambil keputusan terkait program marketing atau promosi lainnya. Dengan menambahkan informasi dari model RFM ini perusahaan sudah menggunakan konsep analitik paling dasar dalam pengambilan keputusan customer nya. Langkah pertama ini sangat penting menjadi bagian dari budaya perusahaan, seiring dengan perkembangan bisnis. Kebutuhan analisis yang lebih tinggi otomatis akan semakin dibutuhkan, namun dengan mematangkan konsep dasar ini akan menjadi fondasi yang kuat untuk kedepannya. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s