Visualisasi Data Terbaik-Intro

Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin canggih perkembangan teknologi membuat hidup menjadi lebih mudah. Tidak ketinggalan dengan teknologi visualisasi data… beberapa tahun yg lalu kita masih menggunakan excel utk mengolah data dan membuat grafik lalu menampilkannya lewat power point. Grafik yg ditampilkan adalah statis artinya hanya menampilkan satu part dr grafik, utk melihat bagian lain dr grafik kita harus merubah manual filter datanya. Hufhh.

Bar Chart-Sales-Segment

Menurut saya interaksi terbaik dg data adalah dengan menggunakan dynamic graph… dg merubah satu dimensi kita bisa melihat perubahan grafiknya.. hal ini sangat membantu kita utk memahami data dan mendapatkan informasi yg dibutuhkan dalam waktu yg singkat. Gabungkan seluruh grafik yang kita buat untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif.

Dashboard-Bar-Draft 1

Sering kali kita memiliki 3 atau empat grafik yg ingin kita lihat sekaligus dan kita ingin filter salah satu dimensi lalu melihat perubahan dr 4 grafik tsb akibat perubahan filter yg kita lakukan.

Dashboard With Filter

Contohnya disini saya tambahkan state sebagai filter, jika anda perhatikan saya menambahkan sedikit shading pada header dashboard. Nah kita sudah bisa mulai main nih dengan data yg kita miliki. Saya membuat dashboard seperti diatas kurang dari 5 menit!! Yang mau belajar bareng boleh tinggalkan email atau nomor kontak dikolom komentar. Saya terbuka untuk diundang ke kantor atau kampus anda untuk sharing topik terkait statistics, data visualization, machine learning. Pokoknya semua yg terkait DATA. Salam.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s