Apa sih bedanya confidence interval dg margin of error??

Beberapa waktu yang lalu, seorang teman saya melemparkan pertanyaan di BB group. Dia nanya, apa sih bedanya confidence interval dengan margin of error? terus gimana cara menjelaskan kepada orang-orang yg gak punya background statistika? Banyak juga yang bantu jawab pertanyaan ini, tapi belum juga menemukan penjelasan yang cukup memuaskan. Nah, disini saya coba share salah satu jawaban saya. Mudah2an malah gak bikin tambah pusing…hehehe… :D.

Confidence Interval (CI) atau Selang Kepercayaan (SK) itu adalah salah satu cara yang paling sering digunakan untuk melakukan pendugaan parameter (nilai populasi). Cara lainnya adalah dengan menggunakan pendugaan titik (bisa dengan rata-rata, median ataupun modus).Penjelasannya lebih lengkap pendugaan nilai populasi ini di posting berikutnya aja ya… Ok?

Back to case yah… CI ini adalah penduga dengan selang, jadi dia punya batas kiri dan kanan. Awalnya kita punya tingkat keyakinan (confidence level let’s say 90% artinya alphanya 10%), terus kita masukin ke rumus CI:

Image

Nah, abis itu kita hitung Z alpha/2 nya… liat di tabel Z. Klo nilai sigma itu adalah standar deviasi (asumsi kita tau). Klo nilai “n” itu adalah besarnya sample. Sedangkan X bar itu namanya rata-rata. Tinggal tambah kurang aja, CI nya kita dapetin deh…

X bar+A itu batas atas nya dan X bar-A itu batas bawahnya, gambar dibawah ini ilustrasi buat mempermudah pemahaman kita. cekidot.

Image

Analogi yang mudahnya tuh, jika kita punya confidence level 90% maka kita yakin bahwa jika melakukan penarikan contoh 100 kali maka kira-kira 90 kali selang yang kita buat akan memuat nilai populasinya. Mudahkan?? Iya dong…. πŸ™‚

Terus Margin of Error (MoE)-nya mana? Sebenernya MoE itu udah termasuk kedalam rumus CI nya. Hah?? Yg mana??

Image

Tuh kan dah keliatan MoE nya. Jadi sebenarnya MoE ini lah yang menciptakan selang pada CI, besarnya MoE tergantung banget pada standar deviasi dari datanya dan besarnya sample. Semakin besar sample nya asumsi stdev nya tetap maka semakin kecil selang pada CI nya. Semakin besar stdev nya asumsi sample tetap maka semakin lebar selang yang kita buat. Got it?? Udah jelaskan bedanya…. πŸ™‚

Margin of Error ini banyak banget digunakan oleh lembaga survey pada saat mereka merilis hasil quick count nya. MoE sendiri menggambarkan batas kesalahan maksimum yang disebabkan oleh sampling error. Sampling error itu sendiri muncul karena jumlah sample yg terbatas dan juga metode sampling yang tidak sempurna. See.. it’s easy… πŸ™‚

Semoga posting nya berguna…. πŸ™‚

12 Comments

  1. Halo Arief,
    Confidence level adalah komponen penyusun dari CI. Dalam rumus CI bisa dilihat ada nilai alpha kan? Nah confidence level adalah 1-alpha. Jadi jika kamu punya alpha 5% maka confidence level nya adalah 95%.
    Kalo margin of error itu adalah batas atas dan batas bawah dari CI (detailnya ada di penjelasan di atas). Sederhanya:

    CI=X+MOE or X-MOE
    |
    MOE= Z(1-CL)/2 * Sigma/akar(n)

    CI=Confidence Interval
    MOE = Margin Of Error
    CL = COnfidence Level
    Semoga Menjawab. πŸ™‚

  2. Kak, jika ditanya mengapa memilih tingkat kepercayaan 90%, 95%, dan 99%, maka jawaban secara statistikanya bagaimana ya?
    Apakah ada metode untuk menentukan tingkat kepercayaan?
    Terima kasih.

    1. Untuk memilih tingkat kepercayaan, kamu tentukan dl apakah kamu akan ketat, medium atau longgar dalam menampilkan hasil perkiraan parameter mu.. tapi jangan lupa semakin tinggi tingkat kepercayaanmu maka semakin lebar selang yang akan di buat…

  3. Maaf, supaya jgn menyesatkan tolong dibedakan pemaknaan sigma dan sigma kuadrat. Dlm rumus CI yg digunakan adalah sigma yg berarti standar deviasi populasi bukan ragam populasi atau sigma kuadrat.

  4. Jujur sy terkadang ketawa ketika kt mengadu akurasi analisis dlm konteks pilpres maupun pilgub dan pilkada dgn berpatokan pada nilai margin of error dlm analisis tersebut. Tahukah kita bhw tingkat akurasi suatu analisis tdk semata mata ditentukan oleh MoE, tp begitu banyak faktor yang berpengaruh. Semoga kita semua sadar akan kelebihan dan kekurangan nilai MoE tersebut.

    1. Yes totally agreed mas Andi. Margin of error sekarang jd jualan lembaga survey… Untuk simple random samping saja hitungannya lumayan susah diinterpretasikan.. Nah apalagi utk multi stage random samping. MOE semacam garansi menurut saya… Akurasi sendiri hanya bisa diukur dari hasil survey vs hasil resmi KPU

  5. Maaf, supaya jgn menyesatkan tolong dibedakan pemaknaan sigma dan sigma kuadrat. Dlm rumus CI yg digunakan adalah sigma yg berarti standar deviasi populasi bukan ragam populasi atau sigma kuadrat.

  6. apakah Margin of Error ada pada Penelitian Ilmiah tesis?
    bagaimana kita mendapatkannya atau menentukannya apakah sama rumusnya dengan CI.
    mohon ptunjuk bagi teman-teman, jika beerkenan tolong di WA ka ke saya di 085271170293

Leave a comment