Mengolah jenis data numerik

Jenis data numerik adalah jenis data yang paling sering digunakan di dunia profesional, seperti yang telah saya pernah jelaskan pada posting saya sebelumnya pada jenis-jenis data, bahwa data numerik paling fleksibel untuk diolah dengan berbagai operasi matematika. Kita dapat mengurutkan, membandingkan dan membuat rasio dari dua data yang sifatnya numerik. Pada tulisan saya kali saya akan menampilkan beberapa penggunaan data numerik sehingga kita dapat mendapatkan  dan menyajikan informasi  dengan tepat.

Bagaimana menampilkan data numerik pada kalimat??

Saya sering membaca blog atau berita di surat kabar paling sering di skripsi/ thesis, dimana banyak sekali angka yang disebutkan. Jujur, saya terkadang merasa tenggelam didalam data yang begitu banyak. Saya tidak bisa menarik kesimpulan dari kalimat yang saya baca.

Salah satu cara untuk menyajikan data dalam sebuah narasi adalah gunakan maksimal dua data dalam satu narasi. Alasannya adalah sangat sederhana, karena otak sudah sangat terbiasa membandingkan dua hal (hitam-putih, panjang-pendek dll). Jika kita menyajikan tiga data pada satu narasi maka otak kita tetap akan membandingkannya dalam pasangan misalnya A, B dan C. Maka otak kita akan membuat perbandingan 3 kombinasi 2 (A-B, A-C, B-C). Jadi daripada membuat pembaca kita bingung, maka gunakan maksimal 2 data pada satu narasi.

Kapan menggunakan TABEL??

Sejak dulu sudah tak terhitung banyaknya data yang saya tampilkan menggunakan tabel, tapi belakangan saya berpikir kapan saat yang tepat menggunakan tabel?? Setelah membaca di beberapa tulisan master-master data, saya menyimpulkan bahwa jika kita:

  1. Anda mempunyai data yang relatif sedikit. lets say anda punya 100 data, dengan 2 dimensi. Maka lakukan pivot sederhana dengan excel, maka anda mendapatkan tabulasi yang mudah dan sederhana.
  2. Jika anda memperhatikan detail dari angka yang anda sajikan. Misalkan anda ingin menampilkan 3 angka dibelakang koma (2.596 dari pada dibulatkan menjadi 2.6), maka pilihan tabel akan memberikan fitur untuk menampilkan presisi angka tersebut.
  3. Salah satu teknik visualisasi data bukan hanya menunjukkan sesuatu tapi juga ‘tidak menunjukkan’. Salah satu contohnya adalah, jika anda tidak ingin menunjukkan secara jelas perbedaan profit perusahaan pertahun maka tabel akan menyamarkan perbedaan tersebut dengan sangat baik.

Menyajikan data dg Tabel tp Tetap sederhana?

Sering kali saya melihat penyajian presentasi data dengan menampilkan tabel, namun satu hal yang membuat saya tersiksa yakni TERLALU BANYAK ANGKA. Tidak adanya fokus pembahasan menyebabkan kita terjebak dalam persepsi bahwa semakin banyak data yang disampaikan maka semakin canggih dan sophisticated laporannya. Padahal TIDAK.

Pada kenyataannya para presenter handal dunia lebih suka menggunakan sedikit angka dan sedikit kata-kata dalam presentasinya. Adapun data yang disajikan lebih kepada CLUE untuk mempertajam STORY yang sedang mereka ceritakan.

Pertama. Identifikasi point penting yang ingin highlight.

Kedua. Identifikasi kecenderungan orang membaca data kolom atau baris?? Sebaiknya sih kategori letakkan di kolom sehingga lebih mudah dibandingkan (orang cenderung membandingkan kolom ke kolom).

Ketiga. Lakukan pembulatan sampai tingkat ketelitian yang dibutuhkan. Terlalu banyak angka dibelakang koma malahan akan menghilangkan makna sesungguhnya dari angka tersebut karena gagal fokus.

Keempat. Hindari penggunaan garis pemisah antara kolom dan garis secara berlebihan. Jangan sampai tabel anda benar-bener terlihat ‘excel-like’. Gunakan bold untuk highlight data yang anda ingin tekankan.

 

Leave a comment